ruangguru login

Wiki Article

Jika kamu punya hobi membaca, bahkan tulisan-tulisan nonfiksi, tentu kamu nggak asing kembali dengan arti artikel. Kamu sanggup menemukan postingan artikel pada rubrik khusus di majalah, koran, atau artikel ilmiah yang mampu anda temukan di Google Scholar, Scopus, dan lain-lain. Bahkan, waktu ini pun kamu sedang membaca sebuah artikel, lho.

Hmm, tetapi apa sih yang dimaksud dengan artikel itu? Bagaimana struktur dan apa saja jenis-jenis artikel? Simak penjelasan berikut, ya.

Pengertian Artikel

Artikel adalah karangan berisi fakta dan opini yang dibikin untuk dipublikasikan di fasilitas cetak maupun media sosial. Artikel bertujuan untuk mengemukakan ide ditambah information dan fakta yang di sajikan didalam wujud tulisan. Sebuah artikel sanggup meyakinkan, mendidik, dan menghibur pembaca, lho. Menurut kamu, saat membaca Blog Ruangguru, manfaat apa yang dirasakan? Komen di bawah yaa~

Tujuan Artikel

Setiap perihal yang kita cobalah untuk sampaikan di dalam tulisan, tentunya miliki tujuan, ya guys. Tulisan-tulisan tersebut misalnya teks prosedur yang tujuannya untuk berikan petunjuk, teks eksplanasi untuk menjelaskan sesuatu. Nah di artikel ini kita membahas tentang target berasal dari teks artikel.

Tujuan berasal dari artikel bisa di menyaksikan berasal dari 2 sudut pandang, yakni tujuan bagi penulis artikel, dan tujuan bagi pembacanya. Tujuan teks artikel bagi penulis iyalah:

Sarana untuk memberikan gagasan,
Sarana untuk berpikir secara sistematis,
Sarana publikasi hasil asumsi secara ilmiah,
Sarana untuk menguraikan atau membahas pokok kasus yang sudah ditentukan oleh peneliti,
Sarana untuk menyatakan atau membahas suatu kasus cocok bidang pengetahuan tertentu.
Nah itu tadi beberapa target artikel bagi penulis. Sementara itu, target dan faedah yang di terima pembaca artikel adalah sebagai berikut:

Sarana meraih pengetahuan dan informasi

Sarana untuk mengedukasi

Sarana hiburan bagi pembaca


Ciri-ciri Artikel

Setelah tau tujuan artikel dari sisi penulis maupun pembaca, sekarang kami pelajari tentang apa saja ciri-ciri artikel, ya! Kamu sanggup mengidentifikasi sebuah teks artikel, jikalau tulisan tersebut mempunyai ciri sebagai berikut:

1. Isi postingan dalam artikel didasari oleh fakta
Seluruh postingan di dalam artikel merupakan perihal yang nyata dan bukan sebuah rekayasa penulis maupun mitos.

2. Bersifat faktual dan informatif
Artikel berbentuk faktual yang berarti berdasarkan kenyataan dan memiliki kandungan kebenaran. Serta informatif yang berarti memberikan Info berdasarkan hasil penelitian yang sanggup dipastikan kebenarannya.

3. Mengandung opini atau ide yang subyektif
Artikel ditulis berdasarkan ide atau opini penulisnya. Akan tetapi, asumsi selanjutnya dilandasi oleh fakta, hasil penelitian, maupun teori.

4. Artikel ditulis secara singkat, padat, dan jelas

Agar gampang untuk diterima pembaca, artikel terhitung ditulis dengan komunikatif, tidak bertele-tele, dan ringkas. Maka berasal dari itu artikel terhitung disebut sebagai postingan ilmiah populer.

5. Penulisan artikel dibikin bersama sistematis

Artikel memiliki bagian-bagian khusus dan ditulis secara sistematis, supaya pembaca dapat paham isinya bersama dengan mudah.

Nah, sesudah kamu mengetahui pengertian dan tanda-tanda artikel. Kira-kira kamu tertarik nggak untuk membawa dampak artikel? Eiits, namun sebelum akan itu, kamu kudu menyadari pernah gimana susunan sebuah artikel.

Hmm, seperti yang kita tahu, tiap tiap teks pasti punyai struktur. Dengan memahami ruang guru instagram struktur teks, kita mampu lebih gampang untuk mengakibatkan artikel, lho!

---

Sebelum lanjut ke materi susunan artikel, saya berkenan kasih tau program persiapan UTBK terlengkap berasal dari Ruangguru, nih! Yu, klik banner di bawah untuk informasi lebih lanjut~

Paket Kilat UTBK

Struktur Artikel

Secara umum, struktur artikel terdiri berasal dari tiga bagian, yaitu bagian Pernyataan pendapat atau tesis, bagian argumentasi, dan bagian pengakuan lagi atau reiterasi. Penjelasannya ada di bawah ya:

1. Pernyataan pendapat atau tesis
Bagian terhadap susunan artikel ini memuat gambaran aktual yang perlu untuk dijadikan pijakan pembahasan di dalam artikel.

2. Argumentasi
Kemudian, anggota argumentasi yang berisi masalah brand ambassador ruang guru yang coba dibahas dan bakal dikupas secara faktual dan informatif.

3. Pernyataan ulang atau Reiterasi

ruang guru di laptop Bagian susunan artikel yang paling akhir yaitu berisi kalimat kunci yang merangkum pembahasan ke didalam wujud simpulan.

Jenis-jenis Artikel

Berdasarkan cara penyampaian dan tingkat kesulitan, model artikel dibedakan jadi empat macam nih. Kita bahas jenis-jenis artikel satu persatu ya:

1. Artikel praktis

Artikel praktis merupakan artikel yang mengutamakan keterampilan daripada pengembangan pengetahuan. Artikel ini condong naratif, bermakna pesan yang disusun sesuai bersama dengan kronologis waktu, peristiwa, atau tahapan.

Kamu pernah membaca artikel mengenai panduan sebabkan suatu hal atau cara memperbaiki dan mengoperasikan suatu alat? Nah, itu terhitung ke di dalam artikel praktis.


2. Artikel enteng

Hal utama yang dibahas dalam artikel ini ialah masalah yang gampang dan nggak perlu pemahaman yang mendalam. Biasanya, penulis mengemas artikel ini bersama humor atau berikan kesan menghibur pembaca, tetapi isinya selamanya informatif ya.

Jadi, pembaca tidak harus berkonsentrasi penuh untuk membaca sebuah artikel ringan. Kamu dapat mendapatkan artikel ini di majalah remaja, koran, atau blog. Contohnya kayak di Blog Ruangguru di bawah ini.

3. Artikel opini

Secara umum semua artikel adalah opini. Tapi, type artikel ini hanya ada di di dalam surat kabar atau majalah yang punyai penempatan khusus, lho. Penempatan tertentu ini terkandung dalam rubrik andaikata kolom opini, tajuk rancangan atau editorial, dan lain-lain. Oh ya, kebanyakan artikel ini membahas suatu problem secara mendalam, menjadi dapat lebih baik andaikata penulis kudu memiliki pemahaman dan sudah ahli di bidang tersebut.

4. Artikel asumsi ahli

Jenis artikel ini mampu dikatakan bentuk artikel yang paling “serius” salah satu artikel lainnya. Artikel anggapan pakar memuat laporan sistematis perihal hasil kajian atau penelitian, andaikata skripsi, tesis, disertasi atau penelitian lainnya.

Ciri khasnya yakni penyajiannya yang tidak panjang lebar tetapi tidak kurangi nilai keilmiahannya. Biasanya artikel ini dimuat terhadap jurnal-jurnal ilmiah. Bedanya, artikel lain biasa gunakan bhs populer, namun artikel ini mesti Mengenakan bahasa baku atau ilmiah. Beberapa orang menyebutnya artikel ilmiah.

Report this wiki page